Jumat, 03 Mei 2013

KESEHATAN

PERAN SERTA MASYARAKAT.


Berbicara peran serta masyarakat merupakan  sesuatu hal yang membosankan,menggairahkan, karena secara teoritis batasanya jelas, namun sangat sulit di rumuskan,  muda dirasakan, dihayati, dan diamalkan.Peran Serta Masyarakat
Pembangunan bidang kesehatan membutuhkan partisipasi dan dukungan dari berbagai sektor. Kegiatan pembangunan bidang kesehatan saat ini adalah merupakan investasi, karena apa yang di lakukan sekarang, hasilnya akan bisa di nikmati 5 tahun keatas. Akumulasi hasil kegiatan bisa digunakan sebagai pembanding yang bisa digunakan sejak kegiatan itu dilakukan, namun dampaknya akan terasa sekitar 5 tahun keatas. Ini merupakan tantangan bagi jajaran kesehatan, yang perlu di kaji adalah keterlibatan sektor lain untuk memberikan dukungan bagi keberhasilan pembangunan kesehatan.
Peran Serta Masyarakat dalam bidang kesehatan adalah keadaan di mana individu, keluarga maupun masyarakat ikut serta bertanggungjawab terhadap kesehatan diri, keluarga, ataupun kesehatan masyarakat lingkungannya (Dep Kes RI 1997,hal 5). Tentu sleuruh masyarakat mempunyai peran yang sama untuk berpartisipasi dalam pembangunan kesehatan, kunci utamanya kesadaran, kemauan, dan kerja keras, hal bisa di lakukan bila upaya yang di lakukan oleh jajaran kesehatan memberikan pengetahuan  yang baik dan benar kepada masyarakat, melalui penyebarluasan informasi, pertemuan lintas sektor. Pada dasarnya Peran Serta Masyarakat (PSM), di pengaruhi oleh 3 faktor yaitu ketidakmampuan keluarga, masyarakat menggunakan fasilitas kesehatan, ketidakmampuan keluarga atau masyarakat menerima informasi dan ketidakmampuan kelaurga dan masyarakat untuk memodifikasi lingkungan. Ketiga  Faktor ini yang semestinya harus di lakukan agar muncul minat dan motivasi dari masyarakat untuk melakukan hal yang baik bagi kepentingan dirinya.
Ketidakmampuan Keluarga atau masyarakat menggunakan faslitas kesehatan, hal ini sering muncul pada berbagai tipe pelayanan kesehatan,  dan menjadi pembicaraan serius bagi kalangan kesehatan, terutama kesadaran masyarakat "ibu hamil" untuk melakukan kontak dengan petugas kesehatan sebelum usia kehamilan mencapai 3 bulan,  karena salah satu indikator bidang kesehatan pada program KIA adalah terjaringnya cakupan K1 Standart. Faktor yang menghambat adalah kemampuan dari aspek ekonomi, sangat berpengaruh terhadap pelayanan, karena acuan dan referensi adalah adanya Perda berkaitan dengan retribusi bidang kesehatan,  masyarakat tidak semua memiliki Kartu Jaminan Sosial, Pembebanan biaya lain seperti pemeriksaan Laboratorium, halm-hal ini hanya bias dan menjadi alasan bagi masyarakat. Bila kita merefleksi terus tidak akan habis-habisnya, dimanakah sesungguhnya Peran masyarakat,  untuk meningkatkan, mempertahankan kesehatanya, 
Aspek Informasi. Tenaga kesehatan sejak Pembangunan kesehatan ada  aspek informasi selalu di bicarakan, guna menumbuh kembangan minat masyarakat,  sehingga  akan dirasakan manfaat kegiatan yang akan di lakukan, memberi kesempatan kepada masyarakat, menyalurkan ketrampilan, rasa memiliki, serta adanya tokoh masyarakat yang terlibat. Masyarakat akan terlibat secara baik bila mereka merasakan bawah kegiatan yang dilakukan ada manfaat bagi kepentingan mereka, peran seperti ini akan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, dan akan bertahan. Semua kegiatan yang di lakukan harus memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat, untuk ikut serta dari perencanaan, pelaksanaan, maka dengan demikian segala ketrampilan yang di miliki masyarakat dapat di terapkan pada kegiatan di maksud, maka adanya rasa memiliki karena masyarakat sendiri di libatkan, dan adanya tokoh panutan yang hadir dalam kegiatan di maksud.
Maka dalam menggalang Peran Serta Masyarakat, hendaknya jangan mengintimidasi, memberi sangsi, ancaman, karena faktor ini akan tidak bertahan dan hasilnya akan rendah,  juga jangan menjanjikan akan adanya imbalan tertentu .   
Peranan dari sektor sangat penting.
Keberhasilan program kesehatan harus dan wajib keterlibatan sektor lain dalam mengambil keputuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar