Kamis, 02 Mei 2013

PELAYANAN KESEHATAN BAGI USIA LANJUT


 KEPEDULIAN GEREJA TERHADAP KESEHATAN USIA LANJUT
OLEH ALBERTUS E.M.TORI., SST.

Paroki St. Yohanes Viany Maubesi, merupakan sebuah Paroki yang berada pada wilayah Dekenat Timor Tengah Utara, di wilayah Keuskupan Atambua.
Pastor Paroki Maubesi saat ini adalah Rm. Servas Naben Pr. Paroki Maubesi terdiri dari 16 lingkungan, dan 1 buah KLINIK SWASTA. 
Kepedulian terhadap Usia Lanjut.
Paska ke II yang jatuh pada tanggal 1 April 2013, secara khusus di persembahan kepada Tuhan bagi kesehatan Usia Lanjut. " Marilah Kita Bangkit bersama Kristus" karena Kristus yang telah mengangkat segala beban dan dosa kita,   kita yakin dan percaya bahwa Yesus yang telah bangkit akan memberikan keselamatan bagi kita, kata Romo Pastor Paroki dalam kotbahnya pada misa khusus bagi jompo se paroki Maubesi. 
Pelayanan Kesehatan Gratis:
Pada Paskah ke dua, Paroki Maubesi memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada usia lanjut, hal ini bisa di lakukan karena adanya koordinasi yang baik  dari Sr.Kristela PI, yang menggalang kerja sama dengan Puskesmas Maubesi, RSUD Kefamenanu, dan para dokter dari Kabupaten TTU dan Kabupaten Belu.
 Pelayanan ini di lakukan karena di latarbelakangi bawah kesehatan usia lanjut perlu mendapatkan perhatian yang serius, mengingat para Lansia terjadi kemunduran pada beberapa organ, sehingga wajib di lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ataupun secara berkala, kata kepala Puskesmas Maubesi Albertus E.M.Tori, SST.  lebih lanjut dokter Zakarias Fernandes., direktur RSUD Kefamenanu, bawah untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para lansia maka segala perbekalan akan di tangani oleh RSUD  dan Puskesmas Maubesi.  Sedangkan petugasnya akan di bantu oleh para dokter dan perwat yang bersal dari RSU dan Puskesmas Maubesi.
Kegiatan pengobatan masal terhadap lansia memberikan kepuasan bagi mereka, karena secara lengkap di lakukan pemeriksaan dari tanda-tanda vital, hingga mereka mendapatkan obat-obatan.
Tanggapan yang positif dari ketua DPP Paroki Maubesi. Tenaga Kesehatan yang profesional seperti perawat langsung di koordinir oleh Jos M.Nheu, Amd.Kep dari Puskesmas Maubesi,  untuk mengatur memperlancar kegiatan dari pemeriksaan fisik, tanda-tanda vital dan anamnesis.
" Hendaknya kegiatan ini bisa berkelanjutan pada hari-hari yang akan datang, dan kiranya  dukungan dan kerja sama kita tetap di kembangan dalam suasan Cinta dan kebersamaan, lebih  lanjut Ketua DPP Paroki Maubesi Wilem Fkun SPD, menyampaikan terimakasih dan pengahragaan yang setinggi-tingginya kepada Direktur RSUD Kefamenanu bersama staf, Kepala Puskesmas Maubesi bersama para perawat dan para dokter. " Kami DPP menyampaikan Ucapkandan penghargaan yang sebesar-besarnya.
Pada Akhir kegiatan Pimpinan Klinik St. Familia Maubesi memberikan  bingkisan kepada p[ara usia lanjut, yang di bantu oleh para koordinator usia lanjut dari setiaqp lingkungan.


 

































 




https://lh5.googleusercontent.com/-ztIaXgw4pDA/UYNEG33-AWI/AAAAAAAAAHo/VXS41mUflDo/h120/DSC00777.JPG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar